Minggu, 03 Februari 2013

jenis kapal dan pesawat tempur

5 Kapal Maritim Terbaik Indonesia !!!

Indonesia adalah negara dengan luas laut yang lebih besar dari daratannya, tentu saja harus diperkuat maritim untuk menjaga lautan nusantara. Kami akan rangkum info kapal penjaga lautan lautan Indonesia dan dari lima KRI ini salah satunya di perdebatkan oleh berbagai forum besar Indonesia di isukan TNI menyimpan kerahasiaan ini untuk menjaga perairan ambalat dari gangguan tetangga yang suka usik di daerah tersebut.Indonesia sendiri mempunyai ratusan KRI yang tersebar di penjuru wilayah Indonesia, alutsista TNI sekarang-sekarang ini ingin dipercepat modernisasi agar tidak tertinggal oleh negara ASEAN Lainnya.
Langsung saja Inilah 5 Kapal terbaik milik Indonesia;

1. KRI Slamet Riyadi

KRI Slamet Riyadi
source img: google
KRI Slamet Riyadi adalah kapal fregat milik TNI ini adalah kapal perang kedua kelas ahmad yani yang berpuluru kendali, ditugaskan berpatroli menjaga pertahanan wilayah Indonesia dengan panjang melebihi sebelas ribu meter dan lebar melebihi seribu meter. Kapal ini mempunyai kemampuan rudal anti pesawat, anti kapal selam, anti kapal permukaan.

2. KRI Ki Hajar Dewantara

KRI Ki Hajar Dewantara
source img: google
KRI Ki Hajar Dewantara
Kapal ki hajar dewantara adalah kapal perusak berpuluru kendali yang juga dikenal sebagai armada pemukul (striking force) dengan Memiliki kemampuan jelajah dan persenjataan yang kuat bagi pengawalan dan perlindungan kawasan perairan Republik Indonesia.

3. KRI Cakra 401

KRI Cakra 401
source img: wordpress
KRI Cakra 401
KRI Cakra dibuat oleh Howaldtswerke, Kiel, Jerman pada 1981. Merupakan Kapal selam tipe 209/1300 yang banyak digunakan oleh Angkatan Laut sedunia. Salah satu armada pemukul TNI AL ini di perkuat 14 terpedo dengan pelabuhan utamanya di surabaya.

4. KRI Dewa Ruci

KRI Cakra 401
source img: blogspot
KRI Dewa Ruci
Kapal layar tiga tiang ini memiliki 16 layar yang terbentang putih ke atas yang di buat di jerman dan bermarkas di surabaya, kapal dengan panjang 58,30 m dan lebar 9,30 m ini sudah berlayar ke belahan dunia dan sering mengikuti ajang kapal layar di dunia. Keunikan KRI dewa ruci adalah mempunyai marchin band yang di sebut Gita Jala Taruna. Walaupun kapal ini terbilang tak besar seperti kapal tempur kelas ahmad yani tapi kapal ini juga kebanggaan Indonesia.

5. KRI BNV 412

KRI BNV 412
KRI BNV 412
KRI BNV 412 memang belum di publikasikan oleh TNI AL tapi dari beberapa forum menemukan foto ini yang kami ambil juga dari foto tersebut silahkan check foto aslinya
(imageshack.us/photo/my-images/705/39837833443913325218410.jpg/)
Menurut rumor atau bukan (karena kami tidak mempunyai bukti lain) kapal selam milik rusia ini sudah dibawa ke Indonesia dengan diam-diam agar untuk meredam kekuatan maritim tetangga yang mempunyai kapal selam scorpen yang di beli dari perancis. Sebelumnya Indonesia sudah membeli kapal selam dari korea untuk bergabung dengan KRI Cakra 401 dan KRI Nanggala.
Dari foto tersebut dengan angka 412 masuk kategori kapal selam kelas-kilo russia ini sudah ada di kalendar TNI yang membuktikan TNI-AL sudah membelinya.
Ketegangan memanas karena di forum besar Indonesia salah satunya kaskus dan forum Malaysia berdebat membicarakan kapal selam ini yang di isu-isukan bisa menyaingin kapal selam milik malaysia scorpen. Walaupun begitu hanya pihak TNI dan pihak rusialah yang tahu.
sumber no.5: http://www.topix.com/forum/world/malaysia/TG7CH9G7QG7USCU50




7 pesawat militer yang digunakan dalam dunia militer.

 

Pesawat tempur adalah pesawat militer yang dirancang untuk menyerang pesawat lain di udara. Berbeda dengan pesawat pengebom, yang dirancang untuk menyerang target di permukaan. Pesawat tempur relatif lebih kecil, cepat, dan lincah. Pesawat tempur awalnya dikembangkan pada Perang Dunia I untuk menghadapi pesawat pengebom dan balon udara yang mulai lazim digunakan untuk melakukan serangan darat dan pengintaian. Nah berikut ini 7 Jenis Pesawat Tempur yang Digunakan Dalam dunia Militer mau tahu jenis apa aja itu simak berikut ini.
1. Pesawat Tempur Burusergap
Pesawat tempur Burusergapadalah pesawat yang digunakan untuk perang di udara. Umumnya pesawat tempur berbentuk ramping, dapat bergerak lincah, membawa canon (senapan mesin) serta rudal dan bom, berkecepatan tinggi, dilengkapi dengan perlengkapan avionik yang lebih banyak daripada pesawat sipil/penumpang seperti radar yang mampu mendeteksi lawan dalam jarak jauh serta mengunci sasaran lawan. Terlebih lagi dilengkapi dengan peralatan pengecoh dan pengacau radar, sampai berkemampuan “siluman”
2. Pesawat Tempur Serang Darat (Attack)
Pesawat serang darat adalah pesawat militer yang dirancang untuk memberikan dukungan langsung kepada pasukan darat seperti infanteri, tank, dan kendaraan tempur militer lainnya. Maka penggunaan pesawat ini lebih kepada fungsi taktis daripada strategis, dengan penempatannya di garis depan pertempuran, bukan di belakang garis pertahanan lawan.
Pesawat jenis ini memiliki nama lain yang sering digunakan, misalnya pesawat serang, pesawat tempur serang, pesawat pengebom taktis, dan lain-lain. Pada angkatan bersenjata Amerika Serikat, pesawat serang darat diberikan kode A- untuk “attack”, seperti pada “A-4″. Angkatan bersenjata Britania Raya menggunakan kode FB untuk “fighter-bomber”, dan yang lazim digunakan sekarang adalah G untuk “ground” yang dipakai pada “Harrier GR1″.
3. Pesawat Tempur Intai
Pesawat tempur intai atau pesawat mata mata (recce atau reconaisance) adalah pesawat yang digunakan untuk mengumpulkan data intelijen dan penyadapan serta pengintaian posisi posisi taktis ataupun strategis lawan atau negara lain yang diinginkan data-datanya. Biasanya ada dua jenis pesawat tempur seperti ini yakni pesawat intai serta pesawat tempur dyang diberi peran intai.
Pesawat Intai (Reconaisance) biasanya digunakan untuk mengumpulkan data data intai strategis lawan, memiliki kemampuan menyusup dan terbang lebih tinggi agar tidak dijangkau rudal pertahanan lawan. Dalam perkembangannya teknologi stealth juga diterapkan pada pesawat tempur tipe ini. Meskipun demikian kecanggihan rudal lawan serta peralatan yang dimilikinya membuat tidak banyak negara yang mengoperasikan jenis ini karena biayanya terlalu mahal dan masih rentan terhadap rudal lawan contohnya adalah kasus penembakan U-2 yang menyusup ke dalam wilayah Sovyet tahun 1960-an Membuat beberapa negara beralih menggunakan satelit mata-mata.
4. Pesawat Tempur Pembom (Bomber)
Pesawat pengebom atau bomber adalah pesawat militer yang dirancang untuk menyerang target-target darat, utamanya dengan cara menjatuhkan bom.
5. Pesawat Tempur Tempur Latih
Pesawat tempur latih adalah pesawat tempur yang digunakan untuk melatih calon penerbang, atau melatih penerbang agar siap menggunakan pesawat pesawat jenis dan fungsi tertentu. Umumnya dibagi atas pesawat tempur latih dasar dan latih lanjut.
Bagi kebanyakan negara, harga pesawat tempur dianggap terlalu mahal sehingga pesawat tempur latih juga digunakan sebagai armada pesawat serang antigerilya (COIN/Counter Insurgency). Untuk menjaga keterampilan pilot sekaligus menghemat biaya pelatihan dan operasional, umumnya digunakan flight simulator.
6. Pesawat Tempur Tempur Anti Gerilya (COIN)
Pesawat serang antigerilya adalah pesawat serang darat yang dispesialisasikan untuk memberikan dukungan pada pasukan darat dalam menghadapi pasukan gerilya. Umumnya pesawat yang digunakan adalah pesawat ringan, mampu terbang menyusuri daratan dan persenjataan dan teknologi yang tidak terlalu rumit dibandingkan pesawat serang lainnya namun tepat guna, misalnya menggunakan meriam dengan kaliber yang cukup besar misalnya di atas 20 mm, meskipun ada yang menggunakan 12,7 mm dengan jumlah yang cukup banyak, roket serangan darat, serta bom. Dari segi mesin umumnya menggunakan baling-baling karena akan terlalu boros jika menggunkan turbo jet dan tidak efektif dalam menghancurkan pasukan gerilya.
Selain menggunakan pesawat yang dirancang khusus untuk itu, biasanya digunakan pula pesawat latih ringan yang dipersenjatai ataupun pesawat tipe sipil yang dimodifikasi untuk tugas-tugas militer. Contoh dari pesawat ini adalah OV-10 Bronco (Amerika Serikat), Pucara (Argentina), Pilatus (Swiss), EMB-314 Super Tucano (Brasil), Super Skymaster, Piper PZL Capung (Polandia), BN-2A Islander.
7. Pesawat  Tempur Multifungsi
Pesawat tempur serbaguna adalah pesawat terbang yang dapat digunakan sebagai pesawat tempur murni atau “pesawat pemukul”, serang darat, serang antigerilya, intai taktis, pengebom, superioritas udara, atau (pada prinsipnya) pesawat pencegat yang mampu menjalani misi pemukulan, seperti F-15E “Strike Eagle”, ” dan “peran-ayun” yang secara semantik memiliki penekanan pada kemampuan memainkan lebih dari satu peran pada satu misi yang sama.
Umumnya pesawat tempur modern dirancang sebagai pesawat tempur serbaguna. Pesawat tempur jenis ini dirancang untuk mengefisienkan anggaran pertahanan negara di udara. Meskipun demikian, rancangan pesawat tempur jenis ini tidak mengurangi kelincahan dan kegesitan pesawat serta kemampuan radar dalam mendeteksi lawan. Pesawat jenis ini juga mampu membawa persenjataan yang lebih banyak dan beragam. Beberapa negara merancang pesawat tempur ini dengan kemampuan sebagai pesawat siluman.

6 JENIS JET TEMPUR TERCANGGIH DIDUNIA

Dassault Rafale Made in France
Persaingan  persenjataan didunia semakin berkembang pesat,Setiap negara selalu berlomba-lomba untuk mengembangkan persenjataannya,tak terkecuali untuk urusan persenjataan udara,apalagi kalau bukan pesawat-pesawat jet yang canggih dan modern.Kekuatan udara sebuah negara memang mutlak diperlukan guna mempertahankan kedaulatan sebuah negera dari bahaya yang mengancamnya.Baik dari luar maupun dari dalam negeri.Dengan pesawat yang super canggih dan dilengkapai dengan persenjataan yang ultra high tegnology,tentunya akan memberikan rasa aman pada setiap jengkal kedaulatan negera tersebut.Berikut ini akan kita lansir beberapa pesawat yang tercanggih yang telah dirilis oleh berbagai negera maju didunia.

1. Dassault Rafale(France)
Tipe Pesawat :tempur serbaguna
Produsen : Dassault Aviation
Perancang :Avions Marcel Dassault-Bréguet Aviation (AMD-BA)
Terbang perdana :4 Juli 1986
Diperkenalkan :4 Desember 2000
Status :Aktif
Pengguna :Angkatan Udara Perancis
Angkatan Laut Perancis
Jumlah produksi :93/286
Biaya program :€ 40,69 miliar
Harga satuan :€ 142,3 juta
Dassault Rafale (dijuluki sebagai Squall dalam Bahasa Inggris) adalah pesawat tempur serbaguna generasi ke-4.5, bermesin dua, dan bersayap delta asal Perancis yang dibuat oleh Dassault Aviation. Rafale dirancang sebagai pesawat berpangkalan di daratan maupun di kapal induk.
Rafale adalah wujud dari program standardisasi ambisius Militer Perancis untuk visi 2025-2030, yakni sebagai pengganti lima pesawat yang bertugas di Angkatan Udara Perancis dan Angkatan Laut Perancis. Rafale dapat diperlengkapi dengan senjata nuklir. Selain untuk digunakan di negara asalnya, pesawat ini juga dijual untuk kebutuhan ekspor. Meskipun beberapa negara menyatakan minatnya untuk memiliki Rafale, namun belum ada nota resmi pemesanan lintas-negara yang disepakati.
2. JAS 39 Gripen / Saab Gripen(Swedia)
JAS 39 GRIPEN
Tipe Pesawat tempur multi-peran
Produsen :Saab
Terbang perdana :9 Desember 1988
Diperkenalkan :9 Juni 1996
Status :Aktif
Pengguna :Swedia,Hungaria & Ceko
Jumlah produksi :184
Harga satuan :US$ 25 juta (1998) & pada tahun 2006 US$ 45–50 juta. entah sekarang yg pasti agan ga bisa beli
Saab JAS 39 “Gripen” (Griffin) adalah sebuah pesawat tempur dari Swedia yang diproduksi oleh Saab. Pesawat ini dijual oleh perusahaan Gripen International, sebuah joint venture antara Saab dan BAE Systems. Pesawat ini sudah dipakai oleh angkatan udara Swedia, Ceko, dan Hungaria.serta sudah dipesan oleh Afrika Selatan & Thailand. Gripen menggukan PS-05/A radar pulse-doppler, buatan Ericsson dan GEC-Marconi, dan berdasar pada radar Blue Vixen milik Sea Harrier (yang juga mengilhami radar CAPTOR milik Eurofighter). Radar ini mampu mendeteksi, melacak lokasi , mengidentifikasi dan secara otomatis menjejak multi target di atas maupun bawah pesawat, laut darat maupun udara , disemua kondisi cuaca.
3. F/A-18 Hornet(USA)
F/A 18 HORNET USA PUNYA
Tipe Pesawat :tempur serbaguna
Produsen :McDonnell Douglas (Boeing) & Northrop (Northrop Grumman)
Terbang perdana :18 November 1978
Diperkenalkan :7 Januari 1983
Status :Aktif
Pengguna :Angkatan Laut Amerika Serikat, Korps Marinir Amerika Serikat, Angkatan Udara Australia, Angkatan Udara Spanyol
Jumlah produksi :F/A-18A–D: 1.480[1]
Harga satuan :$29–57 juta (2006)[2]
Acuan dasar :Northrop YF-17
Varian :CF-18 Hornet, F-18 HARV & Boeing X-53
F/A-18 Hornet buatan McDonnell Douglas (kini menyatu ke dalam Boeing) adalah pesawat tempur supersonik serbaguna yang dapat dioperasikan dari dan ke kapal induk di segala cuaca, dirancang untuk dapat bertempur di udara dan menyerang sasaran di darat (F/A adalah inisial untuk fighter (tempur) dan attack (serang)). F/A-18 adalah turunan dari YF-17 pada dasawarsa 1970-an untuk digunakan oleh Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika Serikat. Hornet juga digunakan oleh angkatan udara di beberapa negara. Pesawat ini telah menjadi pesawat peraga dirgantara bagi Skuadron Peraga Terbang Angkatan Laut Amerika Serikat, Blue Angels, sejak tahun 1986.
Hornet berperan sebagai pesawat tempur pengawal, pertahanan udara, perusak pertahanan udara musuh, larangan udara, pesawat serang antigerilya, dan pesawat intai. Keserbagunaan dan keandalannya telah membuktikannya menjadi aset bernilai pada sebuah kapal induk, meskipun ia dikritik karena kelemahannya dalam hal jelajah dan daya muat dibandingkan dengan yang dimiliki pesawat-pesawat mutakhir pendahulunya, seperti F-14 Tomcat dalam hal peran tempur dan serang-tempur, dan A-6 Intruder dan A-7 Corsair II dalam hal peran serang.
F/A-18 Hornet menjadi dasar bagi pengembangan F/A-18E/F Super Hornet, yakni pesawat tempur rancang-ulang F/A-18 yang lebih besar dan evolusioner. Dibandingkan dengan Hornet, Super Hornet berukuran lebih besar, lebih berat, dan terdapat perbaikan dalam hal daya jelajah dan daya muatnya. F/A-18E/F mulanya diusulkan sebagai alternatif bagi pesawat tempur yang sama sekali baru untuk menggantikan pesawat serang yang masih bertugas seperti A-6. Varian yang lebih besar juga diarahkan untuk menggantikan F-14 Tomcat yang sudah hampir uzur, dengan demikian dapat saling berganti-tugas dengan Hornet di Angkatan Laut Amerika Serikat, dan bertugas pada rentang peran yang lebih luas meliputi pengisian bahan bakar di udara, dan anjungan pengacau kelistrikan (electronic jamming platform).
4. Eurofighter Typhoon(Britania Raya)
EUROFIGHTER-TYPHOON SANG PENGHANCUR
Tipe Pesawat tempur multi-peran
Produsen :Eurofighter GmbH
Terbang perdana :27 Maret 1994
Diperkenalkan :2003
Status :Aktif
Pengguna :Britania Raya, Jerman, Italia, Spanyol
Jumlah produksi :114 (Februari 2007)[1]
Acuan dasar :British Aerospace EAP
Eurofighter Typhoon adalah sebuah pesawat tempur multi peran delta-canard bermesin ganda super lincah, dirancang dan dibuat oleh sebuah konsorsium negara-negara Eropa yang dibentuk pada 1983. Dalam rancangan dia menyerupai pesawat tempur modern Eropa lainnya, Dassault Rafale Perancis dan Saab Gripen Swedia. Karena kombinasi kelincahan, fasilitas stealth dan sistemnya yang modern dia dipandang luas sebagai pesawat tempur hebat

5. F-22 Raptor
F22-RAPTOR SANG PEMANGSA
Tipe Pesawat tempur siluman
Produsen :Lockheed Martin Aeronautics
Boeing Integrated Defense Systems
Terbang perdana :19 November 1990
Diperkenalkan :15 Desember 2005
Status :Aktif
Pengguna :Amerika Serikat
Harga satuan :US$120 juta (2006)
Varian :X-44 MANTA & FB-22
F-22 Raptor adalah pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya direncanakan untuk dijadikan pesawat tempur superioritas udara untuk digunakan menghadapi pesawat tempur Uni Soviet, tetapi pesawat ini juga dilengkapi peralatan untuk serangan darat, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen. Pesawat ini melalui masa pengembangan yang panjang, versi prototipnya diberi nama YF-22, tiga tahun sebelum secara resmi dipakai diberi nama F/A-22, dan akhirnya diberi nama F-22A ketika resmi mulai dipakai pada Desember 2005. Lockheed Martin Aeronautics adalah kontraktor utama yang bertanggungjawab memproduksi sebagian besar badan pesawat, persenjataan, dan perakitan F-22. Kemudian mitranya, Boeing Integrated Defense Systems memproduksi sayap, peralatan avionik, dan pelatihan pilot dan perawatan.

Sukhoi SU-27 Made in Russian
6.SUKHOI SU-27
Sukhoi Su-27 (kode NATO: Flanker) adalah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet, dan dirancang oleh Biro Desain Sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat (yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet). Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi. Pesawat ini sering disebut sebagai hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Sukhoi Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip. Ini adalah keliru, karena Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat. 





JENIS-JENIS PESAWAT TEMPUR SHUKOI RUSIA
-

1a. Shukoi Su-27UB
-

1b. Shukoi Su-27UB
-
1c. Shukoi Su-27UB
-
1d. Shukoi Su-27UB
-
2a. Shukoi Su-27P
-

2b. Shukoi Su-27P
-
2c. Shukoi Su-27P

-

3. Shukoi Su-25
-
4a. Shukoi Su-34
-
4b. Shukoi Su-34
-4c. Shukoi Su-34
-
5. Shukoi Su-35
-
6a. Shukoi Su-47 Bekrut

-
6b. Shukoi Su-47 Bekrut

-
7. Shukoi Su-24M-2 Fencer
(Kiriman email dari: Dharma Setiawan)

Catatan : -
Foto-foto di atas dapat diperbesar dengan meng-kliknya !
Untuk lihat foto2 pesawat Tupolev dan helikopter MI, silahkan klik :
by : wayan sucipta 7f
rekomendasi : gede putra 7f
tugas tik 7f : bloger.






"terimakasih"

-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar